Friday 14 December 2012

Humanoid (Robot Manusia) Dengan 160 Otot Fleksibelnya

Yuto Nakanishi / University of Tokyo
Kenshiro, the anthromimetic robot.
Robot yang terlihat seperti orang bukanlah hal yang baru, tetapi tidak semua dari mereka benar-benar bertujuan untuk meniru tubuh manusia.

Robot Kenshiro merupakan sebuah proyek yang sedang berlangsung di Univerity of Tokyo yang bertujuan untuk mensimulasikan secara tepat pergerakan otot dan tulang manusia.

Kenshiro adalah robot terbaru dari seri robot sebelumnya Kenta yang lebih sederhana meniru sebagian otot tubuh manusia. Sebuah sel mata masa depan seolah-olah menatap memberikan penampilan yang sedikit mengerikan tapi itu merupakan
terobosan dengan 100 kabel dan motor penggerak mensimulasikan struktur otot yang ada pada manusia.

Sekarang versi terbaru dengan nama barunya memiliki 160 otot penggerak melebihi jumlah otot yang ada pada robot sejenis lainnya yang ada di dunia. Otot2 atau penggerak tersebut 72 buah ada pada batang tubuh, 22 di leher, 25 di setiap kaki dan 12 di masing-masing bahu. Otot di sekitar wajah, tangan dan kaki tidak digunakan seluruhnya karena saat ini terlalu rumit untuk diikut sertakan.

Hasilnya adalah kerangka tanpa bagian kepala yang terlihat lebih menakutkan dari seri robot sebelumnya. Tapi dilihat dari pergerakan robot tersebut akan membuat Anda terkesima.

Kenshiro dibuat berdasarkan ukuran tubuh manusia dengan berat sekitar 54Kg, tetapi berat motor penggerak dan bahan yg diperlukan untuk menghasilkan berbagai gerakan terlalu berat bagi motor penggerak itu sendiri.

Beberapa gerakan masih kurang luwes karena sistem yang dibangun lebih kepada pergerakan tangan dan kaki, walau pun begitu kualitas robot manusia Kenshiro tidak bisa direndahkan.

Pemimpin proyek Yuto Nakanishi mengikutsertakan tim nya pada ajang kompetisi DARPA Robotika di mana para pembuat robot terkemuka bekerja untuk menciptakan humanoid (robot manusia) penyelamat. (Sumber: NBC News)




1 comment: